Advertiser 2
0
Sabtu, 23 Januari 2010 Post By: Hisaya "Say" Ardian

Apa Itu Google Wave?

Google Wave merupakan layanan terbaru dari Google yang tetelah di rilis tanggal 30 september 2009. Hal ini sekaligus mengejutkan seantero internet dengan software open source terbaru.Apakah itu Google Wave ????

Semuanya pasti bertanya tanya, Google Wave adalah sebuah produk yang membantu pengguna berkomunikasi dan berkolaborasi di web.Wave adalah percakapan dan dokumen, dimana pengguna dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan teks berformat seperti, foto, video, peta, dan masih banyak lagi. Google wave juga merupakan platform yang kaya dengan API terbuka yang memungkinkan pengembang untuk menanamkan wave dalam layanan web lainnya.

beberapa fitur teknisnya seperti :
1. Real time
2. Embeddability
3. Applications and Extensions 
4. Wiki Functionality
5. Open source
6. Play back
7. Natural language
8. Drag and Drop file sharing

Sejarahnya google Wave ???

Google Wave ini di buat oleh team google yang berada di sydney, Australia. Team intinya terdiri dari 2 bersaudara, yaitu Jens dan Lars Rasmussen, dan lead project manager di pimpin oleh Stephanie Hannon. semua itu adalah team inti dari development Google Map yang sangat canggih itu.
Google wave bisa di analogikan sebagai layer dasar sebuah platform yang didalamnya terdapat beberapa ruang platform yang telah di atur sedemikia rupa, ada beberapa definisi dari Google untuk memahami communication platform ini, Untuk itu mari kita lihat untuk lebih jelasnya.

Wave???

Wave adalah bentuk dari thread conversation. Ini dapat memuat satu orang, atau pun sebuah group dari users atau bahkan robot. Cara termudah untuk memahaminya adalah Wave mirip sekali seperti history pada IM anda saat anda sedang chat dengan seseorang.

Wavelet ???

Wavelet juga termasuk dalam thread conversation, namun ini hanyalah sebuah subset dari semua pembicaraan.

Blip ???

Blip adalah bagian kecil lagi dari wavelet. Blip adalah sebuah pesan dalam sebuah wavelet. Ini sama saja dengan 1 baris kalimat saat anda sedang melakukan pembicaraan melalui IM. Blips dapat memuat blips lainnya yang disebut children.

Document???

Document adalah sebuah konten yang terdapat di dalam blip.

Extension ???

Extension adalah sebuah mini applications yang dapat bekerja di antara wave. jadi ini adala apps yang dapat anda gunakan saat anda menggunakan google waves. Ada 2 jenis yaitu gadgets dan robot.

Gadgets ??

Gadget adalah sebuah aplikasi khusus untuk user yang ingin berpartisipasi. Yang natinya akan di manfaatkan dari google open social platform. Sebagai analogi ini akan seperti facebook application.

Robots???

Robot adalah sebuah auto partisipan diantara wave. Mereka dapat berinteraksi dengan user dan wave. Mereka dapat memberikan informasi dari sumber eksternal seperti twiter atau mereka dapat memeriksa content di antara wave dan melakukan aksi dari konten tersebut.

Embeded waves???

Embeded wave adalah sebuah cara google wave berkomunikasi dengan website ataupun blog anda.


Source : Many



Copyright Reserved Showbiz Cinema 2010.
Design by: Bingo | Blogger Templates by Blogger Template Place | supported by One-4-All